Forum One Belt one Road Keempat tentang Kerjasama Pendidikan dengan Negara-negara ASEAN berhasil diselenggarakan di Haikou University of Economics pada tanggal 23 April. Forum ini, didukung oleh Departemen Pendidikan Provinsi Hainan, Kantor Urusan Luar Negeri Provinsi Hainan dan Federasi Ilmu Sosial Hainan, diselenggarakan oleh ASEAN Studies Institute of HUE. Lebih dari 80 perwakilan institusi pendidikan tinggi dan organisasi terkait dari sembilan negara berkumpul di kampus HUE untuk membahas isu-isu umum dan kolaborasi lebih lanjut.

Tema forum ini adalah “International Education Cooperation and Development under the Background of the Construction of Hainan International Education Innovation Island.” Dalam Forum tersebut, 15 pakar dan cendekiawan China dan asing memberikan pidato utama untuk menunjukkan pandangan dan harapan mereka. Perwakilan asing berpartisipasi dalam pertemuan dengan pidato video mereka karena pandemi COVID-19 telah mencegah mereka datang ke Haikou untuk mengikuti konferensi secara langsung.

Perwakilan asing yang telah memberikan kontribusinya pada forum melalui pidato video atau pengiriman online, salah satunya adalah Dr. Yi Ying dari Universitas Bina Nusantara, Indonesia. Terdapat juga Aileen Tan, Ketua Singapore China Society; Dr. Anawut Choosup, Presiden Universitas Rajapruk, Thailand; Prof Chan Tuck Hoong, Wakil Rektor Universitas HELP Malaysia; Prof. Lee Joon-Woo, Wakil Presiden Universitas Nasional Chungnam, Korea; Dr. Dinn Wahyudin dari Universitas Pendidikan Indonesia; Dr. Laddawan Petroj dari Universitas Rajapruk, Thailand; Anggota Majelis Prefektur Osaka, Bapak Toshiaki Matsumoto; Pembina Eksekutif Universitas Otemon Gakuyin, Bpk. Yoshifumi Uemori, dan Bpk. Sopheak Taking, Kepala Sekolah Internasional Abundant Life, Combodia.

Belt and Road Forum on Education Cooperation with ASEAN Countries diselenggarakan secara berturut-turut oleh HUE sejak 2018. Hal ini bertujuan untuk memperkuat komunikasi pendidikan dengan universitas dari negara-negara ASEAN, Jepang dan Korea serta menyediakan platform yang mendukung pertukaran akademik untuk universitas dari provinsi Hainan dan universitas dari negara-negara ASEAN.